Luka Dalam Bara karya Karya Bernard Batubara

Launching Buku “Luka Dalam Bara” Karya Bernard Batubara

AKU mencintainya karena ia mencintai kata-kata. Aku mencintainya lebih lagi karena ia mencintai buku-buku. Aku mencintainya karena ia adalah buku bagi kata-kata yang tidak bisa aku tuliskan. Aku mencintainya karena ia menjadi rumah bagi setiap kecemasan yang tidak perlu aku tunjukkan. – Luka Dalam Bara, Bernard Batubara.

Hay-halo, Sobat Jaring Project. Kabar menyenangkan datang dari dunia literasi kita. Sebuah buku baru dari karya pengarang muda Bernard Batubara berjudul “Luka Dalam Bara” baru saja terbit dan sudah bisa didapatkan di toko buku di seluruh Indonesia.
Beruntung, admin Jaring Project yang bekerja dengan admin Kliping Sastra menghadiri acara peluncurannya di Yogya pada hari Sabtu, 15 April 2017 bertempat di Hall RRI Pro 2 Yogyakarta.

Sosok Bernard Batubara

Siapa yang tak mengenal Bernard Batubara atau yang kerap disapa Benz Bara? Seorang penulis laki-laki yang piawai menghanyutkan perasaan pembaca wanitanya melalui permainan kata-katanya yang menghanyutkan.

Bara lahir di Pontianak pada tanggal 9 Juli 1989 (dan terlihat sekali ia bangga dengan zodiak Cancer-nya 😃 ). Pada saat usia 17 tahun ia pindah ke Yogyakarta dan memulai karier menulisnya dengan menulis puisi, cerita-cerita pendek, dan novel.

Buku-buku Bara yang telah terbit di antaranya: Angsa-Angsa Ketapang (2010), Radio Galau FM (2011), Kata Hati (2012), Milana (2013), Cinta. (2013), Surat untuk Ruth (2014), Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri (2014), Jika Aku Milikmu (2015), and Metafora Padma (2016).

Sebelum keluar Luka Dalam Bara, buku terakhirnya adalah Elegi Rinaldo.

Mengenai Luka Dalam Bara

Sempat menjadi perbincangan sebelumnya mengenai pemilihan judul buku terbaru Bara. Salah satunya adalah apa penulisan judulnya keliru? Kok kata ‘dalam’ ditulis menggunakan huruf depan kapital, kudunya kan huruf kecil saja.

Bara sempat menjelaskan di Instagramnya, bahwa ‘dalam’ di sini memiliki arti ‘jeru’ atau bahasa heits-nya; jleeeb. 😃

Luka Dalam Bara memiliki pengertian bahwa luka yang dialami Bara teramat dalam, teramat sungguh (menyakitkan). Bukan luka yang dapat ditemukan dalam sosok Bara.

Pemilihan judul yang ‘unik’ ini membangkitkan rasa ingin tahu, selain ditunjang oleh ilustrasi kovernya yang menarik.
Dan mengapa harus “luka”? Karena menurut Bara, semakin kentara sedihnya, maka semakin dalam cintanya.

Inspirasi Luka Dalam Bara

Bara menyebut ini adalah buku ‘kolaborasi’, yakni tulisan-tulisannya lahir saat ia masih bersama mantan pacarnya. Mantan pacarnya inilah yang dulu saat mereka masih jalan bareng, tulisan-tulisan Bara lahir dari interaksi di antara mereka.

Hmmm, so sweet and also so bitter banget at the end ya, Sobat. 😃

Saat masih pacaran dulu, Bara sering membahas tulisan dan karya sastra bersama kekasihnya. Makna menulis bagi Bara ternyata sama dalamnya dengan makna menulis bagi si kekasih.

Ngomongn-ngomong, mantan Bara ini pernah menerbitkan satu buku, tapi ia tidak pernah mau memberi tahu apa judulnya dan yang mana.

Penggalan-penggalan tulisan di dalam buku #LukaDalamBara awalnya tidak ada niat untuk dibukukan. Tulisan-tulisan itu tersebar di akun media sosial Bara; twitter, tumblr, dan juga steller. Sesaat setelah Bara berpisah atau putus dengan kekasihnya, Afandi Teguh, yang juga cerpenis dan kini telah bekerja sebagai editor di Noura Publishing, meminta tulisan-tulisan itu dikumpulkan dan dibukukan.

Bara telah minta izin pada mantannya untuk membukukukan tulisan-tulisannya. Bagaimana pun tulisan-tulisan itu adalah hasil kerja menulis mereka berdua. Si mantan dengan santai mengizinkan. Tentu saja boleh. Dan, Bara memilih mana tulisan yang akan dimasukkan ke dalam buku, dan mana saja tulisan yang sebaiknya ‘disingkirkan’.

Melalui buku ini, selain ingin menceritakan tentang pengalaman cinta masa lalu, Bara juga ingin menyampaikan bahwa baginya menulis itu menyembuhkan.

Kutipan-Kutipan Luka Dalam Bara

Aku merawat dirimu di dalam kata-kataku, dan perasaanku tumbuh di atas kata-katamu. #LukaDalamBara #MerayakanLuka
Kita tak pernah merasa sedih kalau kita tidak benar-benar merasakan cinta. #LukaDalamBara #MerayakanLuka
Cinta adalah tentang meletakkan kepercayaan pada langkah satu sama lain. #LukaDalamBara #MerayakanLuka

Hayoo, sudah pada merasa baper, Sobat? 😃
Buku Luka Dalam Bara sudah bisa didapatkan di toko-toko buku kesayangan kamu semua, ya. [dps]

Keterangan buku:
Judul buku: Luka Dalam Bara
Jumlah halaman: 108, hard cover
Terbit: 16 Maret 2017
Penerbit: Noura Books
ISBN 13: 9786023852321

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *