Jawa Pos

  • Juragan Empang
    by Kliping Sastra on 9 September, 2019 at 1:50 am

    SEBELUM kumulai cerita ini, sebaiknya Kamu simak baik-baik syair lagu dangdut di bawah ini. Sengaja kuterjemahkan untuk seorang pemalas sepertimu. Tidak perlu? Baik, bila kamu punya opsi terjemahan lebih baik, silakan. Tapi, demi keseimbangan jalan cerita ini, kusarankan Kamu mendengarkan lagu Juragan Empang. Dengan begitu, Kamu bisa dengan mudah mendalami dua tokoh dalam cerita ini. […] The post Juragan Empang appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Jakarta Bukan Kota yang Baik untuk Bersedih
    by Kliping Sastra on 2 September, 2019 at 7:23 am

    KAU duduk di salah satu kursi tunggu dan mulai mengenang segalanya secara hati-hati. Di Stasiun Manggarai, puluhan orang berlalu-lalang. Sebagian dalam langkah-langkah lambat, sebagian bergegas seperti mengejar sesuatu yang mudah lepas. Kau pikir, sebagaimana dirimu, tiap orang di stasiun ini pasti mempunyai kisah sedih masing-masing. Kisah-kisah yang akan membuat pemiliknya merasa muak dengan kehidupan dan […] The post Jakarta Bukan Kota yang Baik untuk Bersedih appeared first on […]

  • Matinya Seorang Peladang
    by Kliping Sastra on 26 Agustus, 2019 at 7:41 am

    IA tahu, ke ladang, ia harus kembali. Tentu. Meski kini ia harus menebas ladang baru, jauh di balik bukit yang dipercaya angker. Karena itu, hatinya sedikit cemas. Bukan, bukan takut pada segala mambang dan siluman yang konon bermukim di sana sejak kampung belum berdiri, atau lantaran alangkah jauh ia harus mengayuh sepeda kumbang[1] ke sana… […] The post Matinya Seorang Peladang appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Gir
    by Kliping Sastra on 19 Agustus, 2019 at 7:58 am

    SIANG, jelang pulang dari rumahmu. Di halaman berdebu itu, antara berbagi menghirup udara terik dan aroma bangkai tikus yang tengik, kita sama-sama menjadi telik. Kita menelisik bau daging busuk menusuk yang barangkali telah cukup lama ngendon di tepian kali kecil depan terasmu itu. Lantas kita berkelakar, bicara lelucon kelahiran, kehidupan, dan sudah barang tentu kematian. […] The post Gir appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Selagi Ia Menulis Cerita Pendek Ini
    by Kliping Sastra on 12 Agustus, 2019 at 8:19 am

    IA teringat pada ucapanmu, yang pernah kau utarakan bertahun-tahun lalu, di halte bus yang sepi pada pukul dua puluh dua, seberang Grand Indonesia, ”Apa kamu mencintaiku?” Usianya baru delapan belas tahun waktu itu. Tetapi, ia pernah bilang secara jujur bahwa ia mengagumimu. Kau berumur tiga puluh tahun. Kau merasa hubungan kalian sedikit ganjil. Perbedaan usia […] The post Selagi Ia Menulis Cerita Pendek Ini appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

Selengkapnya…