Jawa Pos

  • Penjual Kisah-Kisah Sedih
    by Kliping Sastra on 1 Oktober, 2019 at 9:44 pm

    KESEDIHAN ada karena ada kebahagiaan, katamu. Coba kalau saja tak ada kebahagiaan, maka kesedihan pun tak akan ada. Semua rasa akan sama. Namun, kau sendiri tak juga mampu melarang seseorang merasa bahagia hanya untuk melenyapkan kisah sedih dalam hidupmu. Aku tersenyum setiap kali melihatmu datang berkunjung ke rumahku. Bukan karena aku senang membeli dagangan yang […] The post Penjual Kisah-Kisah Sedih appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Bir Pletok
    by Kliping Sastra on 22 September, 2019 at 8:03 pm

    LANGIT sudah merah, Rojali baru datang. Lelah melingkar di wajahnya, berat ia bernapas. Duduk pada sebuah kursi kayu bercat kuning, Rojali menuang air ke dalam gelas. Cepat ia meraihnya dan meneguk sampai habis. Sesaat kemudian, ia membuka lembar demi lembar kertas dalam map yang sejak semula dilemparkannya ke atas meja. Gigi Rojali bergemerutuk, kesal sedang […] The post Bir Pletok appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Bumbu Cinta Asam Jawa
    by Kliping Sastra on 15 September, 2019 at 7:39 pm

    LALU, ketika angin datang dan hujan yang lama tak berhenti tinggal rintik, kau berjalan menuju ujung jalan gelap itu. Mereka bilang, kau mencari cintamu yang tercecer di trotoar ketika turun dari kereta. Seorang pedagang asongan yang kau temui menjelaskan, cintamu yang tercecer itu dipungut seorang penjual asam keliling. Cintamu dicampurnya dengan asam jawa, dan dijual […] The post Bumbu Cinta Asam Jawa appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Juragan Empang
    by Kliping Sastra on 9 September, 2019 at 1:50 am

    SEBELUM kumulai cerita ini, sebaiknya Kamu simak baik-baik syair lagu dangdut di bawah ini. Sengaja kuterjemahkan untuk seorang pemalas sepertimu. Tidak perlu? Baik, bila kamu punya opsi terjemahan lebih baik, silakan. Tapi, demi keseimbangan jalan cerita ini, kusarankan Kamu mendengarkan lagu Juragan Empang. Dengan begitu, Kamu bisa dengan mudah mendalami dua tokoh dalam cerita ini. […] The post Juragan Empang appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Jakarta Bukan Kota yang Baik untuk Bersedih
    by Kliping Sastra on 2 September, 2019 at 7:23 am

    KAU duduk di salah satu kursi tunggu dan mulai mengenang segalanya secara hati-hati. Di Stasiun Manggarai, puluhan orang berlalu-lalang. Sebagian dalam langkah-langkah lambat, sebagian bergegas seperti mengejar sesuatu yang mudah lepas. Kau pikir, sebagaimana dirimu, tiap orang di stasiun ini pasti mempunyai kisah sedih masing-masing. Kisah-kisah yang akan membuat pemiliknya merasa muak dengan kehidupan dan […] The post Jakarta Bukan Kota yang Baik untuk Bersedih appeared first on […]

Selengkapnya…