Koran Lokal

  • Menangkap Kematian
    by Kliping Sastra on 4 November, 2019 at 10:34 am

    SURAM yakin bahwa kematian sudah ada sebelum kehidupan. Entah bentuknya seperti apa, ia begitu percaya bahwa kematian itu bisa ditangkap. Hantu saja bisa ditangkap, apalagi kematian? Bukankah hantu adalah produk kematian? Begitu batinnya. Ya, Suram sudah berulangkali berupaya menangkap kematian. Ia pernah melompat dari tebing batu. Di bawah tebing itu adalah batu-batu lancip yang siap […] The post Menangkap Kematian appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Prof Pagob
    by Kliping Sastra on 28 Oktober, 2019 at 2:06 am

    SENYUM Profesor Pagob berulang kali mengembang, saat menatap dada monitor hand hone android-nya. Di medsos, kata-ka-ta kasar , umpatan, caci-maki, bahkan kutukan bertaburan menghajar dirinya. Juga foto dan gambar yang merendahkan martabatnya. Namun, dia tetap tersenyum. “Dalam demokrasi rakyat punya hak marah. Demokrasi semakin cepat matang di tangan rakyat yang progesif.” Dia membatin. Ini semua […] The post Prof Pagob appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

  • Asap
    by Kliping Sastra on 30 September, 2019 at 8:44 am

    KAMU berdiri bagai patung menatap gunung terbakar. Anganmu berkelebat ke masa silam pada sebuah hutan di tanah kelahiranmu. Sepulang sekolah, kamu dan kedua adikmu sering main perang-perangan di hutan itu. Merangkak di bawah pohon-pohon dan menerobos semak-belukar menjalar liar di atas tanah. “Tidak boleh main perang-perangan. Lihat, romang begitu banyak menutupi hutan. Nanti kalian dibawa […] The post Asap appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Azab
    by Kliping Sastra on 25 September, 2019 at 1:50 pm

    Jen menggedor-gedor pintu. Sudah berhari-hari suaminya tak keluar kamar. Sebelumnya ada permintaan untuk tak mengganggunya selama laki-laki itu bekerja. Tapi kalau lama tak muncul, bahkan untuk sekadar melemaskan kaki dan melancarkan peredaran darah, ya bikin khawatir juga. Jen mendorong paksa. Sayang, tubuhnya terlalu kurus untuk membuat pintu terbuka. Jen mengambil ancang-ancang. Ia mundur lalu berlari […] The post Azab appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Koran
    by Kliping Sastra on 23 September, 2019 at 9:08 am

    AKU mungkin berbeda dengan kalian, orang-orang yang mendewakan gawai. Bagiku yang sudah kepala enam ini, koran lebih berharga daripada gawai atau apapun itu. Koran ibarat lentera dalam kehidupanku yang temaram semenjak ditinggal pergi istri selamanya, sepuluh tahun lampau. Memberiku hiburan sekaligus juga nafkah. Sudah tiga puluh lima tahun tepatnya, aku menjajakan koran keliling. Aku mulai […] The post Koran appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

Selengkapnya…