Koran Lokal

  • Asap
    by Kliping Sastra on 30 September, 2019 at 8:44 am

    KAMU berdiri bagai patung menatap gunung terbakar. Anganmu berkelebat ke masa silam pada sebuah hutan di tanah kelahiranmu. Sepulang sekolah, kamu dan kedua adikmu sering main perang-perangan di hutan itu. Merangkak di bawah pohon-pohon dan menerobos semak-belukar menjalar liar di atas tanah. “Tidak boleh main perang-perangan. Lihat, romang begitu banyak menutupi hutan. Nanti kalian dibawa […] The post Asap appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Azab
    by Kliping Sastra on 25 September, 2019 at 1:50 pm

    Jen menggedor-gedor pintu. Sudah berhari-hari suaminya tak keluar kamar. Sebelumnya ada permintaan untuk tak mengganggunya selama laki-laki itu bekerja. Tapi kalau lama tak muncul, bahkan untuk sekadar melemaskan kaki dan melancarkan peredaran darah, ya bikin khawatir juga. Jen mendorong paksa. Sayang, tubuhnya terlalu kurus untuk membuat pintu terbuka. Jen mengambil ancang-ancang. Ia mundur lalu berlari […] The post Azab appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Koran
    by Kliping Sastra on 23 September, 2019 at 9:08 am

    AKU mungkin berbeda dengan kalian, orang-orang yang mendewakan gawai. Bagiku yang sudah kepala enam ini, koran lebih berharga daripada gawai atau apapun itu. Koran ibarat lentera dalam kehidupanku yang temaram semenjak ditinggal pergi istri selamanya, sepuluh tahun lampau. Memberiku hiburan sekaligus juga nafkah. Sudah tiga puluh lima tahun tepatnya, aku menjajakan koran keliling. Aku mulai […] The post Koran appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Durna Edan
    by Kliping Sastra on 16 September, 2019 at 9:24 am

    KOCAP kacarita, resi Durna bingung tidak berujung. Baru saja mundur dari hadapannya nayaka praja Astina, patih Sengkuni yang membawa titah Prabu Duryudana. Kepentingannya hanya sebuah pertanyaan yang cukup dijawab dengan satu kata. “Bagaimana, Kakang?” kata patih Sengkuni. “Ke mana pilihan Kakang, pro Kurawa atau Pandawa?” Resi Durna beberapa saat tidak bicara. Pertanyaan sederhana itu sungguh […] The post Durna Edan appeared first on Kliping Sastra Indonesia | […]

  • Lelaki Berdasi
    by Kliping Sastra on 9 September, 2019 at 12:06 pm

    KAMU harus menjadi manusia berdasi! Agar hidupmu kelak tenteram dan menyenangkan,” kata seorang ayah kepada anaknya. Semenjak pertaniannya gagal, kemudian ditinggal istrinya, sosok lelaki menginjak kepala dua itu memang sering merenung. Setiap harinya hanya dihabiskan dengan hal-hal yang tidak mengenakkan untuk di pandang. Pagi minum kopi, menjelang siang murung di dalam kamar, dan sesekali menangis […] The post Lelaki Berdasi appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

Selengkapnya…