Koran Lokal

  • Lelaki Berdasi
    by Kliping Sastra on 9 September, 2019 at 12:06 pm

    KAMU harus menjadi manusia berdasi! Agar hidupmu kelak tenteram dan menyenangkan,” kata seorang ayah kepada anaknya. Semenjak pertaniannya gagal, kemudian ditinggal istrinya, sosok lelaki menginjak kepala dua itu memang sering merenung. Setiap harinya hanya dihabiskan dengan hal-hal yang tidak mengenakkan untuk di pandang. Pagi minum kopi, menjelang siang murung di dalam kamar, dan sesekali menangis […] The post Lelaki Berdasi appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

  • Tiga Perempuan Senja
    by Kliping Sastra on 26 Agustus, 2019 at 2:07 pm

    MIKA baru saja pulang, ketika matahari sudah di ujung barat menekukkan kepala. Tak ada yang berubah dari celoteh burung kecil di atas pohon jambu air yang penuh bunga itu. Hanya sesekali kaki-kaki kecil burung itu menggoyang ranting pohon jambu, menjatuhkan sari bunganya dan bertebaran memenuhi halaman. Nince melongok dari jendela, memastikan Mika, kakaknya yang datang. […] The post Tiga Perempuan Senja appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Raden Sosro Aji
    by Kliping Sastra on 19 Agustus, 2019 at 2:23 pm

    KECELAKAAN itu membuat sang priyayi, Raden Sosro Aji terkapar di rumah sakit. Keturunan murni dari para leluhur dari kerajaan Mataram, nama raden bukan titel jaman kolonial tersemat tapi itu memang nama yang diberikan bapaknya. Dibilang keluarga Raden Sosro Aji terkaya di desa ini, juragan tembakau dan batik turun temurun sejak nenek moyang ditetapkan petugas penarik […] The post Raden Sosro Aji appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Seekor Kunang-Kunang
    by Kliping Sastra on 5 Agustus, 2019 at 2:38 pm

    AKU kaget ketika anakku berteriak-teriak sambil menggedor-gedor daun pintu. “Ada binatang ajaib! Pak, ada binatang ajaib! Bapak kemari cepat!” Layar komputer terpaksa kutinggalkan. Pintu kubuka. “Mana binatangnya?” “Itu! Itu!” anakku menunjuk ke kebun di samping rumah. Ketika aku melongok, di kebun itu tampak seekor kunang-kunang. Cahayanya kelap-kelip di tengah kegelapan. “Itu binatang ajaib kan Pak?” […] The post Seekor Kunang-Kunang […]

  • Mbah Karjo
    by Kliping Sastra on 29 Juli, 2019 at 2:58 pm

    SETIAP makhluk yang bernyawa pasti akan bersua ajalnya. Manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, semuanya akan meregang nyawa bila jatah usia mereka di dunia ini telah habis. Meski kematian adalah sesuatu yang niscaya, tetap saja selalu menyisakan duka mendalam bagi mereka yang ditinggalkannya. Sebagaimana yang dirasakan mayoritas warga kampung Rejosari hari ini. Mereka masih belum percaya bila Mbah […] The post Mbah Karjo appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

Selengkapnya…