Media Indonesia

  • Perempuan Misterius dan Lelaki yang Kehilangan Dirinya
    by Kliping Sastra on 25 Agustus, 2019 at 4:57 pm

    SUDAH nyaris enam bulan aku lebih suka menghabiskan waktu di dalam kamar. Sebuah ruang sempit yang hanya berukuran 7 meter persegi. Hanya ada sebuah kasur tanpa dipan, sebuah meja, dan komputer, ditambah air galon yang selalu terisi penuh. Sejak peristiwa itu, aku tak lagi mau keluar rumah. Bertemu seorang teman ialah hal menyakitkan, apalagi bertemu […] The post Perempuan Misterius dan Lelaki yang Kehilangan Dirinya appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Dungu
    by Kliping Sastra on 4 Agustus, 2019 at 4:46 pm

    SETUMPUK pekerjaan akan semakin mudah jika dilakukan bersama-sama. Akan semakin terasa nikmat ketika kenyataan bahwa kesendirian adalah jagat tersembunyi dan orang-orang yang mengitarinya hanyalah subjek-subjek yang membatasi. Maka menyelam ke dalam keramaian untuk bermasyarakat adalah sesuatu yang mesti dilakukan Epi. Kesendirian merenggutnya dari keramaian. Seperti ruangan yang tak pernah dimasuki siapa pun. Udara bersih yang […] The post Dungu appeared first on Kliping Sastra […]

  • Fragmen ketika Galunggung Menangis
    by Kliping Sastra on 22 Juli, 2019 at 4:27 pm

    Gigil raga ditampar udara pegunungan. Jauh di sana, kau tersenyum manja, dan aku hanya mencubit pipimu gemas. Begitulah foto lawas itu terlihat. Foto seorang wanita yang telah menjajah hati ini begitu lama, entah masih harus berapa lama lagi luka itu menganga dan bernanah-nanah. Percayakah terhadap sebuah rasa yang membuat diri terlihat mengenaskan dan gila? Sampai […] The post Fragmen ketika Galunggung Menangis appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Kartini dan Seekor Sapi
    by Kliping Sastra on 7 Juli, 2019 at 10:19 pm

    MATAHARI sudah meninggi ketika Kartini membuka mata pada hari itu. Semua orang membiarkan ia tidur lebih lama, tak ada yang membangunkan. Padahal, biasanya pagi-pagi sekali sebelum ayam berkokok, suara ibunya sudah nyaring menyuruhnya segera bangun. Hari ini memang berbeda. Udara menghangat, tapi Kartini merasakan dingin menjalari kaki dan seluruh tubuhnya. Di luar rumah, ketika semua […] The post Kartini dan Seekor Sapi appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Kupu-Kupu Tidak Menyakitimu
    by Kliping Sastra on 25 Juni, 2019 at 2:18 pm

    IS sangat sulit menerima kemungkinan suaminya tak akan pernah muncul lagi di hadapannya dan anak semata wayang mereka yang saat ditinggalkannya baru bisa mengucapkan, “Pa… Pa… Pa…,” dengan huruf ‘k’ di belakang yang hilang. Anak yang selama ini didustai Is dengan janji bahwa ayahnya pasti pulang tak lama lagi. Kini, anak itu telah berumur delapan […] The post Kupu-Kupu Tidak Menyakitimu appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

Selengkapnya…