Media Indonesia

  • Bekal Makan Siang
    by Kliping Sastra on 1 Oktober, 2019 at 9:35 pm

    JIKA saja ia tidak terbakar nafsu, keluarganya tidak akan terkena imbas begini. Mulanya hidupnya baik-baik saja. Apotek, bisnis yang ia jalankan bersama istrinya berjalan lancar memberi pemasukan tetap. Ia memiliki keluarga yang pantas. Punya rumah, punya mobil keluarga, setiap minggu bisa makan ke luar. Pengeluaran dan pemasukan seimbang. Bahkan, ia masih bisa menabung. Hingga musim […] The post Bekal Makan Siang appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Penggali Sumur yang Ingin Pensiun
    by Kliping Sastra on 17 September, 2019 at 9:12 pm

    DARI daun jendela yang terbuka, aku melihat Om Banus berdiri sendirian di sumur. Kedua lengannya yang kekar menekan bibir sumur. Kepalanya ditundukkan seperti sedang melihat sesuatu dalam sumur yang memikat matanya. Dalam bentangan jarak itu, aku melihat ia tercenung tanpa peduli angin sore yang menyapu-nyapu rambut ikalnya. Kami mengenalnya sebagai lelaki penggali sumur. Ibu pernah […] The post Penggali Sumur yang Ingin Pensiun appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

  • Perempuan Misterius dan Lelaki yang Kehilangan Dirinya
    by Kliping Sastra on 25 Agustus, 2019 at 4:57 pm

    SUDAH nyaris enam bulan aku lebih suka menghabiskan waktu di dalam kamar. Sebuah ruang sempit yang hanya berukuran 7 meter persegi. Hanya ada sebuah kasur tanpa dipan, sebuah meja, dan komputer, ditambah air galon yang selalu terisi penuh. Sejak peristiwa itu, aku tak lagi mau keluar rumah. Bertemu seorang teman ialah hal menyakitkan, apalagi bertemu […] The post Perempuan Misterius dan Lelaki yang Kehilangan Dirinya appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Dungu
    by Kliping Sastra on 4 Agustus, 2019 at 4:46 pm

    SETUMPUK pekerjaan akan semakin mudah jika dilakukan bersama-sama. Akan semakin terasa nikmat ketika kenyataan bahwa kesendirian adalah jagat tersembunyi dan orang-orang yang mengitarinya hanyalah subjek-subjek yang membatasi. Maka menyelam ke dalam keramaian untuk bermasyarakat adalah sesuatu yang mesti dilakukan Epi. Kesendirian merenggutnya dari keramaian. Seperti ruangan yang tak pernah dimasuki siapa pun. Udara bersih yang […] The post Dungu appeared first on Kliping Sastra […]

  • Fragmen ketika Galunggung Menangis
    by Kliping Sastra on 22 Juli, 2019 at 4:27 pm

    Gigil raga ditampar udara pegunungan. Jauh di sana, kau tersenyum manja, dan aku hanya mencubit pipimu gemas. Begitulah foto lawas itu terlihat. Foto seorang wanita yang telah menjajah hati ini begitu lama, entah masih harus berapa lama lagi luka itu menganga dan bernanah-nanah. Percayakah terhadap sebuah rasa yang membuat diri terlihat mengenaskan dan gila? Sampai […] The post Fragmen ketika Galunggung Menangis appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

Selengkapnya…