Republika

  • Sirri Gus Sabri
    by Kliping Sastra on 10 September, 2019 at 4:14 am

    Gus Sabri, siapa yang tidak kenal beliau? Setiap kali nama itu disebut, seperti ada kekaguman yang tak kan habis diceritakan mengenai daya linuwih putra bungsu almarhum Kiai Ridwan Sholeh, pendiri pondok pesantren Pringkuning Kesamben. Di antara kelima saudaranya, Gus Sabri yang paling santer dibicarakan. Bukan tanpa alasan jika nama Gus Sabri menjadi kondang baik di […] The post Sirri Gus Sabri appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Proyek Pencabut Nyawa
    by Kliping Sastra on 25 Agustus, 2019 at 5:54 pm

    Hamid sudah lama sekali mengurung dirinya di dalam kamar. Ia merasa harus menyelesaikan proyek menulis buku yang sudah lama terabaikan. Tenggat waktu proyek buku yang ia terima selama 30 hari tinggal tersisa tiga hari lagi. Inilah satu-satunya pekerjaan dan pertama ia terima setelah satu bulan ini menganggur mengandalkan sisa tabungan yang mulai menipis. Kelaparan di […] The post Proyek Pencabut Nyawa appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Rabah dan Mirakel Burung-Burung
    by Kliping Sastra on 18 Agustus, 2019 at 6:15 pm

    Sebentang negeri purbawi. Dihaki abadi. Lungkrah. Dengan harga-harga mati. Tidakkah Adam Yang Tanah berhak atas kehidupan di mana pun terbuka? Dan Abraham terpanggil meninggalkan Haran menuju Kanaan. Untuk menjadi Bapak Bagi Semua? Di negeri ini, di ranah kelahiran serumpun nabi, sudah berpuluh tahun seruan-seruan penguasa Israel bergaung bersama ayat-ayat suci yang terus mendaku, namun tak […] The post Rabah dan Mirakel Burung-Burung appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

  • Guru Ngaji Pergi Haji
    by Kliping Sastra on 4 Agustus, 2019 at 6:54 pm

    Beberapa tahun silam… Dalam salah satu ceramahnya, di depan jamaah ibu-ibu pengajian masjid al-Barkah tempat ustazah mengajar ngaji, Ustazah Lilis menjelaskan, Sesungguhnya setan tidak akan per nah berhenti menggoda manusia, sebelum tujuan-tujuan yang diinginkan setan terpenuhi. Setan akan terus berusaha menjerumuskan manusia, supaya kelak di akhirat sang setan ada temannya, di neraka! Bu Susi, salah […] The post Guru Ngaji Pergi Haji appeared first on Kliping Sastra Indonesia | […]

  • Riwayat Petani Tembakau
    by Kliping Sastra on 28 Juli, 2019 at 6:36 pm

    “Maaf, aku tidak bisa ke mana-mana, Lim. Biarlah aku di rumah saja, jadi petani,” kata Ahmad kepada Salim. Mereka berbincang serius di emperan, beralas tikar pandan yang di bagian sisinya sudah tampak bolong-bolong. Tubuh Ahmad masih berlumur peluh. Ia baru pulang dari ladang kerena disusul Aisyah, adik satu-satunya, ketika teman akrabnya itu berkunjung ke rumahnya […] The post Riwayat Petani Tembakau appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

Selengkapnya…