Suara Merdeka

  • Teo Berubah Jadi Bebek
    by Kliping Sastra on 9 September, 2019 at 10:10 am

    Teo berubah jadi bebek. Suatu malam, listrik padam dan angin bertiup kencang. Jendela serta pintu yang ditutup rapat berderak-derak. Di ruangan cuma ada aku dan Teo. Kami menyalakan lilin. Beberapa kali api dari korek kayu tak bisa menyala lama. Desakan angin terlampau kuat hingga menembus celah-celah jendela. Hanya setelah kulindungi dengan kelima jari, api bisa […] The post Teo Berubah Jadi Bebek appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Sendainya Aku Tak Membunuhmu pada Malam Jahanam Itu
    by Kliping Sastra on 26 Agustus, 2019 at 10:15 am

    Aku duduk di tempat tidur, beralas kasur tipis berbau kapur barus. Sepertinya benda putih bulat dan kecil-kecil itu sengaja disebar Bu Kepala untuk menghalau bau apak. Dia perempuan bertubuh gemuk dengan gumpalan lemak di perut dan pantat. Kemarin, ia menerima amplop cokelat dari Mas Gunung, berisi beberapa puluh lembar uang bergambar mantan presiden dan wakil […] The post Sendainya Aku Tak Membunuhmu pada Malam Jahanam Itu appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

  • Kampung Pelarian
    by Kliping Sastra on 18 Agustus, 2019 at 10:34 am

    Setelah mengarungi hutan belantara, naikturun bukit dan lembah, dalam pelarian sampailah si Monyet di sebuah kampung di balik bukit. Kampung yang dikungkung dinding cadas, gerinjul tanah berkapur, dan pohon-pohon kurus berdaun separuh kering meranggas. Tonjolan batubatu besar muncul dari permukaan tanah serupa arca raksasa yang tak sempurna dikuburkan. Sinar matahari yang jatuh dipantulkan kembali oleh […] The post Kampung Pelarian appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

  • Lelaki Tua Dalam Bus
    by Kliping Sastra on 5 Agustus, 2019 at 10:50 am

    Lelaki tua itu duduk di bangku paling belakang sebuah bus jurusan Surabaya-Yogyakarta. Ia sudah tua, meski belum terlalu tua. Wajahnya tirus. Kulitnya gelap. Kuku-kuku tangannya jarang dipotong dan kotor. Janggut dan alisnya beruban. Giginya kuning-kuning dan mulutnya bau tembakau. Ia mengenakan kopiah hitam yang warnanya sudah kemerahan. Bajunya gombal. Celananya gombal. Dan ia mencangklong tas […] The post Lelaki Tua Dalam Bus appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi […]

  • Tentang Belly
    by Kliping Sastra on 29 Juli, 2019 at 11:07 am

    Kami memanggilnya Belly. Dia senang membunyikan bel di setiap pintu di lantai ini dan konon itulah yang membuat orang menyebutnya Belly. Tidak pernah ada yang tahu nama aslinya. Bagi Belly, itu tak penting. Ia tak waras, tetapi pintar bernyanyi dan murah senyum. Suatu malam, Belly bernyanyi di depan kamarku. Waktu itu pukul satu dini hari […] The post Tentang Belly appeared first on Kliping Sastra Indonesia | Literasi Nusantara.

Selengkapnya…